Jul

Best Holiday Ever !

I need holiday! holiday! holiday!

Serasa hati, tubuh, dan pikiran ini berteriak-teriak (halah lebay) minta liburan…gimana enggak, selama 2 semester sama sekali nggak ngerasain yang namanya liburan. Semester 6 ke 7 diisi dengan SP. semester 7 ke 8 harus mengabdi selama hampir sebulan di negeri antah berantah untuk tugas mulia yang bernama Kuliah Kerja Nyata. ditambah dengan semester 8 aku memutuskan untuk magang di PAUD Anak Ceria Unair, jadi guru magang selama satu semester di sana. Wuiiihhh bener-bener otak butuh refreshing.

Eh,,ndilalah ada temen yang ngajakin liburan ke pulau yang udah nggak terbantahkan keindahannya. Yap! KARIMUNJAWA!!!! Oyeehh mameeenn akhirnya aku bisa menginjakkan kaki di sanaaaaa!! Sebenarnya travelling ke Karimunjawa ini masuk dalam resolusi besar aku di tahun 2011,,eehh Alhamdulillah kok ya kesampaian. Terbilang singkat sih persiapan (terutama financial). Untung aja aku sudah punya sedikit tabungan, karena memang sudah merencanakan pengen banget backpacking entah kemana. selama disana aku dan teman-teman lainnya memakai jasa travel yang biasanya memang jadi guide untuk turis lokal maupun mancanegara selama di Karimunjawa. Cukup ‘murah’ untuk biaya selama 4h 3m yaitu Rp 450.000,- itu sudah termasuk makan, minum, homestay, sewa kapal selama disana, tiket KMP Muria, sewa alat snorkeling dan masi banyak lagi deh, (tidak termasuk transport kota asal-meeting poit) bisa di cek di http://www.hobiwisata.com/. Oke Let’s check this out! Aku bakal berbagi cerita dan pengalaman selama berada di Karimunjawa.

1st DAY

Berangkat dari Surabaya menuju Jepara menggunakan bis malam INDONESIA. ini bis the one and only..setiap hari hanya sekali berangkat. Dengan doa restu orangtua masing-masing dan uang saku seadanya secukupnya, aku dan 9 temanku siap melakukan perjalanan ke Jepara. Dari terminal bungurasih Surabaya menuju terminal Jepara membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Sesampai di terminal kami seperti anak-anak hilang yang kehilangan induknya. Toleh kanan-kiri masih gelap karena memang masih subuh. Masi ada banyak waktu untuk sampai ke dermaga Kartini, tempat meeting point. Akhirnya kami numpang mandi, bersihin muka, dan sholat di mushola terminal. Disini kita masih bingung, apa masih jauh pelabuhannya atau dapat dijangkau dengan jalan kaki. Akhirnya kita tanya dengan penduduk sekitar. Ternyata pelabuhannya hanya sekitar1,5km. masih bisa dijangkau dengan jalan kaki pikirku. Tapi pikiran itu aku musnahkan setelah melihat barang bawaanku dan teman-teman yang sudah seperti orang bedol desa. Aku sendiri membawa 1 tas ransel, 1 tas jinjing, dan satu tas slempang dan itu semua penuh. Banyak tukang becak yang menawarkan jasanya, tapi kami pikir rempong banget yak naek becak bawa bawaan segede gambreng gitu kalau 1 becak diisi 2 orang. Tapi daripada jalan kaki malah gempor. Okedeh kita memutuskan naik becak (kasian banget sbenernya sama pak becaknya udah kayak ngangkut lemari jati 2 pintu).

2nd DAY

Kita sampai di pelabuhan Kartini dan bertemu dengan rombongan lain yang sama-sama menggunakan travel Karimunjawa Meriah. Jam 9 pagi kita bersiap naik KMP ekonomi Muria,,memang sih kita pilih ekonomi aja…kan kita backpacker sejati (bilang aja ga punya duit). KMP muria ini hanya berlayar 2hari sekali, jadi bagi yang terlambat yaa..DERITA LO! Perjalanan membutuhkan waktu tujuh jam untuk sampai ke dermaga Karimunjawa. Tujuh jam sodara-sodara..TUJUH JAM! (CAPSLOCK). Tujuh jam kami membelah lautan jawa, daripada aku mabok hoek-hoek dipontang-panting ombak kesana kemari, aku memutuskan untuk merem saja. Merem bukan berarti tidur sodara-sodara, hanya defence biar gak mual aja. Tau sendiri kapal ekonomi itu seperti apa kondisinya, merem, tiduran, telentang , selonjoran di kursi kapal, dengan berbagai pose deh biar dapet posisi paling wenakkk ditambah gerahnya yang ampun-ampunan dehh sampai gobyosss.

Dan finally… WELCOME TO THE MOST EXOTIC ISLAND!!! kami sampaaiiiii…kami sampaaaiiiii *mata berkaca-kaca*

muka lecek. muka abis kena jackpot. muka bau kapal

Kami sampai sekitar pukul 3 sore. Tidak menunggu lama, kami di jemput menggunakan TAXI ala karimunjawa (read: mobil pick up bak terbuka) menuju homestay. Setelah menginjakkan kaki di Karimunjawa, bayanganku tentang pulau itu selama ini SALAH BESAR! Aku mengira pulau ini adalah pulau terpencil, pulau yang tidak banyak berpenghuni manusia, intinya kayak pulau yang ada di film warkop jaman dulu itu tuh.. eh ternyata cukup ramai juga disana, Memang sih  berpenduduk sekitar 8ribu jiwa yang tersebar digugusan kepulauan lainnya. Memang, selain pulau karimunjawa masih banyak pulau-pulau disekitarnya yang tidak berpenghuni (selengkapanya bisa baca di wikipedia atau mbah google aja ya😀 ) Homestay kami tidak jauh dari dermaga, kita menginap di rumah penduduk yang memang banyak disediakan di sana. Homestay cukup nyaman dan bersih, air tersedia cukup, makananpun sudah disediakan. Sinyal handphone pun untuk saya tidak ada masalah. FULL EDGE!! (entah bagaimana dengan teman-teman yg lain..hahahaha), tapiiiiii karena di karimunjawa tidak ada listrik, hanya ada genset yang menyala hanya pukul 5 sore sampai 6 pagi, kita harus pintar-pintar menghemat batrei gadget, mulai handphone sampai kamera. Setelah bersih diri, mandi, makan, dandan, kami berjalan-jalan sebetar di dermaga kecil, barangkali ada sunset bagus.

ini memang editan by photoshop,,jadi rada lebay gitu hasilnya..hihihihi

siluet

3rd DAY

Jam 7 pagi kami harus sudah siap untuk berpetualang. Cek isi tas… Sunblock, Sunglasses, gincu, bedak, kamera, hp, handuk, LENGKAP! oke kita menuju dermaga. Kami akan snorkeling, main aer, panas-panasan, santaii di pantaaiiii mameennn. Jujur aku lupa apa nama pulau-pulau yang sudah aku kunjungi. pokoknya ada 4 pulau tidak berpenghuni lainnya yang kami kunjungi selama kami di karimunjawa. Kami naik perahu mesin yang bisa mengangkut sekitar 10-15 orang. Oh meenn ternyata naik perahu kecil tuh lebih berasa ombaknya,, sebenernya rada mual sih tapi masa kalah sih sama mabok!

tetep eksisss

Tapiiiiii…ternyata ditengah perjalanan selama hampir satu jam itu..tak terbendunglah hasrat saya untuk giting..hooeekk!! keluarlah semua isi sarapan saya…sangat menjijaykan!

Akhirnya sampai juga di pulau yang dimaksud, tapi sebelum kita snorkeling..kita di ajari oleh pemandu bagaimana cara snorkeling yang baik blablabla…oke waktunya maen aeerrrr…meskipun masih mual dan puyeng, tapi hajar ajaaa…rugi jauh-jauh masa cuma diem aja di perahu. Wiiihiiii asik juga ternyata snorkeling, pertamanya sih sempet parno,,gimana kalo ada hiu, gimana kalo ada ikan-ikan kecil gelitikin, gimana kalo blablabla..smua pikiran itu hilang setelah melihat biota bawah laut yang baguuuussss banget!!  Tapi tetep hati-hati, banyak babi laut yang bahaya kalo kena durinya.. dan sedikit accident,,ketika aku mau foto-foto underwater, kakiaku kena

maaf..kaki saya yang indah ini merusak pemandangan anda

karang..lumayan perih meskipun lukanya kecil soalnya kena air laut. Tapi mas-masnya dari KJM siap siaga mengobati kakiku..hehheehe.

Nyerah?? Lanjut doonnggg foto-fotonyaa pokonya harus dapet angle terbaik deh. Under maupun Up water dimaksimalkan acara jeprat-jepretnya..heheheh

bulu ketek babi

makan ikan bakaarrr

Menuju ke pulau selanjutnya,,perjalanan kita lanjutkan. Sebenarnya kegiatan hampir sama. Intinya MAEN AER. Badan ini sudah nggak bisa diajak kompromi,,makin mual aja..akhirnya aku minggir di bawah pohon, yang lain asik foto-foto, maen aer, snorkeling, bakar ikan, aku hanya tiduran dibawah pohon, udah kaya turis dari nigeria yang lagi berjemur, sampai dikira aku pingsan sama pemandunya, padahal emang hampir pingsan,,wkwkkwk.

Udah rada enakan, aku ikutan foto, snorkeling..eehhh tiba-tiba hujan deres banget. Gak asik! Akhirnya kita berteduh di rumah panggung, udah kayak pengungsian deh rumah panggungnya, takut ambruk! oh ya,,kita juga sempet mampir ke penangkaran hiu, penyu, ikan pari loh… meskipun aku ngga ikut nyemplung ke kolamnya, soalnya aku mikir, kalo digigit onderdil badan aku nggak dijual dipasaran..wkwkwkw bilang aja penakut..

kali ini gak ikut eksis :p

4th DAY

Sebenarnya hari keempat di sana hampir sama dengan hari sebelumnya. Hanya saja tempat yang dituju berbeda lagi..daannn aku ngga muntah lagi loohhhh di perahu…hahahaha *standing applause*

tapi suer deh hari itu panas banget..BANGET! sampai aku males banget buat panas-panasan. Banyak nangkring dibawah pohon aja..heheheh..niihh liat panas buanget kan….

Tempat favorit aku selama di karimunjawa ini adalaahhh…. lupa namanya! gubrak@#$%^&

kalo gak salah sih namanya ujung gelam..kalo gak salah loh yaaaaa…tempatnya baguusss banget. ada pohon kelapa yang tinggi banget dengan kemiringan hampir 45 derajat. banyak batu karang juga disana..wiihh pokoknya bagus banget deh. Kita di sana sempet minum kelapa muda dan gorengan anget (yang sebenernya gak enak rasanya) lumayanlah buat ganjal perut yang keroncongan…

This is it…..

sumpah suka banget sama foto ini *NARSIS* spot dan angle nya passs bangeett.. thaks to Titii yang udah jadi fotografer dadakan..hahahahaha

sama titii

5th DAY

Finally..last day..gak ada kegiatan maen aer lagi..kita harus balik lagi ke realita dunia yang begitu kejam *tetep lebay*

Back to SKR*PS*, back to magang, back to Surabayaaaa….

Yaa..itulah seru di karimunjawa..meskipun sebentar tp bisa cuci otak jadi lebih segeerrr…saran aja buat yang mau main ke karimunjawa, disarankan untuk tidak perlu banyak-banyak membawa pakaian (terutama untuk wanita). Saya pikir karena kita akan bermain air terus, akan membutuhkan pakaian ganti yang banyak. Ternyata salah! Justru karena kita basah dan bermain air terus maka kita tidak perlu ganti baju.Makanya aku sempet masuk angin disana gara-gara baju basah dari pagi sampe sore. Dan juga jangan lupa memakai sunblock untuk melapisi kulit dari sengatan matahari, tidak hanya untuk perempuan, tapi juga untuk laki-laki jangan malas atau gengsi karena di sana kita banyak bermain dibawah sengatan matahari. Teman-temanku yang laki-laki saja sampai kulitnya menghitam dan mengelupas karena sama sekali tidak memakai sunblock.  Dan sampai saat posting ini, aku belum berhasil mengembalikan keadaan kulit seperti semulaaa..huaaahhh eksotis banget deh pokonyaaaa…

oke..sekian reportase dari sayaaa…see u on next post ^^,v

2 Responses to “Best Holiday Ever !”

1. 1 meidika
    2 Juli 2011 pukul 15:27

kereeeen mba nyeep …
    mskipun agak2 lebay critamu.